Demam Panggung Sebelum Tampil Presentasi? Nih, Cara Atasinya

JAKARTA - Tampil di hadapan orang banyak untuk keperluan presentasi tugas kuliah, atau yang lebih bergengsi lagi, sebuah konferensi pa...


JAKARTA - Tampil di hadapan orang banyak untuk keperluan presentasi tugas kuliah, atau yang lebih bergengsi lagi, sebuah konferensi pasti membutuhkan persiapan matang. Malah, tak jarang sebelum kamu tampil unjuk gigi, kamu sudah terserang demam panggung.

Oleh sebab itu pentingnya mematangkan konsep presentasi dan persiapan mental sebelum melaju di depan panggung. Latihan dan latihan saja tidak cukup. Perlu strategi dalam latihan-latihan itu untuk menguasai panggung.

Bagaimana sih cara agar tampil memukau dalam presentasi? Begini 3 cara mengatasi demam panggung seperti dilansir dari Inc, Jumat (8/9/2017).

Pura-pura jadi audiens
Jika kamu pernah menghadiri konferensi atau presentasi, maka mungkin kamu kerap menemukan ada beberapa orang yang tidur atau menguap saat ada pembicara di depan. Nah, janganlah menjadi pembicara yang membuat pendengar mengantuk. Posisikanlah dirimu sebagai audiens. Dengan demikian kamu bisa mempelajari tentang bagaimana kamu bisa memaparkan gagasan atau konsepmu dengan cara yang tak membosankan.

Jangan terpaku naskah
Presentasi yang kaku tak lepas dari naskah. Jika kamu ingin membuat penampilan kamu lebih luwes dan menyenangkan, buanglah naskah yang kamu tulis itu. Membuangnya, bukan berarti melupakan. Kamu bisa berlatih menggunakan naskah tetapi jangan terpaku dengan naskah itu. Cobalah bermain kata lagi atau istilahnya, berimprovisasilah!

Luangkan waktu untuk bagian pertanyaan
Ini yang kerap dilupakan ketika kamu berada di atas panggung. Berada di sana, kerap membuat kamu terus bicara dan melupakan poin penting ini. Luangkanlah waktu bagi pendengar kamu untuk bertanya. Dengan mendengar pertanyaan mereka, kamu akan lebih terhubung dengan audiens dan presentasi kamu akan lebih hidup.

sumber: https://news.okezone.com/read/2017/09/07/65/1771469/demam-panggung-sebelum-tampil-presentasi-nih-cara-atasinya

COMMENTS

Nama

Berita,10,Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan,3,Lowongan Kerja,2,Pengumuman,11,Slider,4,
ltr
item
Fakultas Ilmu Komputer: Demam Panggung Sebelum Tampil Presentasi? Nih, Cara Atasinya
Demam Panggung Sebelum Tampil Presentasi? Nih, Cara Atasinya
https://2.bp.blogspot.com/-f8W2HFuUmxw/Vc7Gu7UWYAI/AAAAAAAAAQc/zhqk-yd2QMU/s320/presentasi0112.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-f8W2HFuUmxw/Vc7Gu7UWYAI/AAAAAAAAAQc/zhqk-yd2QMU/s72-c/presentasi0112.jpg
Fakultas Ilmu Komputer
http://cs.unsika.ac.id/2017/09/demam-panggung-sebelum-tampil.html
http://cs.unsika.ac.id/
http://cs.unsika.ac.id/
http://cs.unsika.ac.id/2017/09/demam-panggung-sebelum-tampil.html
true
3413065325305387473
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy